Automatic Hand Sanityzer karya Mahasiswa Elektro Unmuh Ponorogo

Situasi Pandemi Covid-19 Saat ini tidak dipungkiri telah melumpuhkan berbagai belahan dunia khususnya di Indonesia. Penyebaran virus yang exstrim dan masif membuat semua orang rentan terkena wabah virus ini. Untuk itu seluruh lapisan masyarakat, sekolah, dan kampus pun tak luput dari kewajiban SOP pencegahan pandemi, demi mencegah penyebaran virus. Peralatan dan teknologi pun dituntut untuk memiliki fiur yang mampu mencegah penyebaran virus covid-19. Dengan keterbatasan situasi dan kondisi ini tak membuat inovasi dan karya mahasiswa teknik elektro unmuh ponorogo meredup. Rasa kepedulian dan semangat mengembangkan ilmu menjadi pendorong diri mereka untuk menciptakan alat yang berguna bagi masyarakat.

Sebuah alat Automatic Hand Sanityzer telah berhasil dibuat oleh sekelompok mahasiswa yang terdiri dari  : Muh. Ega Pahlawi ( Sem 9), Rical Cahya ( Sem 8 ), Reza Dwi H. (Sem 8 ),dan Ridho Hafied Y. (Sem 6) dengan Pembimbing ( Rhesma Intan Widyastari S.T.,M.Kom ) dosen teknik elektro. Prinsip dasarnya adalah melakukan cuci tangan dengan sabun tanpa menyentuh botol sabun berbasis sistem kontrol Aduino dan menggunakan sensor ultrasonik. Poin utamanya adalah membentuk sebuah teknologi dan alat yang ikut membantu pencegahan penyebaran covid-19. 

Rencana alat ini akan di produksi secara masal, saat ini pembuatan 5 unit alat automatic hand sanityzer telah disumbangkan ke Dinas Kesehatan Ponorogo dan Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Ponorogo. 

tetap semangat dan teruslah berinovasi untuk generasi yang lebih berkualitas …