PROFIL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGOPROFIL

Universitas Muhammadiyah Ponorogo merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah yang berada di bawah pembinaan Majelis Pendidikan Penelitian dan Pengembangan. Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi, di dalam menjalankan segala aktivitasnya, Universitas Muhammadiyah Ponorogo mendasarkan pada kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi yang dilengkapi dengan PP No. 60 tahun 1999 serta Qoidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah tahun 1999 dan Statuta UMP tahun 2001.

 

SEJARAH

Sejarah Universitas Muhammadiyah Ponorogo Secara embrional universitas muhammadiyah ponorogo berdiri sejak tahun 1960, dengan diawali berdirinya fakultas tarbiyah Jurusan Pendidikan agama Islam Institut Agama Islam Muhammadiyah Ponorogo. Yang berinduk ke surakarta. Kemudian berdasarkan SK Menteri Agama RI Nomor 86 Tanggal 15 Agustus 1978, Jurusan dimaksudka mendapatkan status diakui.
Pada tahun 1975 menyusul kemudian berdiri Fakultas Ilmu Sosialdan Ilmu Politik (FISIP) Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1). Tahun 1978 dibuka lagi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan PMP dan KN (S1) dan Pendidikan Matematikan (S1), yang mana keduanya berstatus sebagai cabang dati Universitas Muhammadiyah Malang. Kemudiansejak tahun akademik 1982 / 1983 yang ditandai dengan keluarnya ketentuan pasing out bagi fakultas-fakultas cabang, maka tokoh-tokoh Muhammadiyah Daerah Ponorogo yang didukung oleh segenap eksponen pendidikan yang ada merintis berdirinya Universitas Muhammadiyah Ponorogo secara mandiri dengan menambah dua fakultas baru yaitu Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik.
Saat ini Universitas Muhammadiyah Ponorogo telah memiliki 7 Fakultas dengan 21 Program Studi yang terdiri dari: 3 program studi diploma III, 16program studi Srata S1, 1 program profesi, dan 1 program Pasca Sarjana. Keseluruhan aktivitas akademik maupun non akademik di kampus Universitas Muhammadiyah Ponorogo dibingkai dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat.
Kegiatan pendidikan dan pengajaran di Universitas Muhammadiyah Ponorogo dilaksanakan dengan sistem kredit semester (SKS). Dalam sistem ini kegiatan akademik mahasiswa diukur dengan satuan kredit semester (SKS). Sistem ini memungkinkan mahasiswa untuk menyusun program akademiknya sesuai dengan kecakapan, bakat, minat dan kemampuan yang dibagi dalam 8 (delapan) semester.
Kurikulum yang dikembangkan di Universitas Muhammadiyah Ponorogo mengacu pada KKNI (Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia) berorientasi pada dasar serta tujuan pendidikan di Universitas,terkait keahlian ataupun sikap yang diharapkan dimiliki mahasiswa setelah menyelesaikan studinya yaitu kemandirian dan kewirausahaan.
Pengelolaan pendidikan dan pengajaran dalam sistem kredit dikembalikan dalam sistem informasi akademik yang berbasis IT. Guna mendukung kelancaran pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengenai informasi kegiatan di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Ponorogo, selengkapnya dapat diakses melalui website teknik.umpo.ac.id atau untuk via email teknik.umpo3@gmail.com.